Tips Memvisualisasikan Data Yang Menarik Bagi Data Sciencist

Jasa Presentasi – Mendalami dan menangkap materi  dari sebuah data yang ditampilkan pastinya akan lebih cepat ditangkap audiens jika ditampilkan dalam bentuk diagram atau grafik, dibandingkan harus memahami materinya dengan teks yang terlalu kompleks dan penjelasannya yang kurang jelas. Tidak hanya itu, bisa dipastikan apabila mata manusia akan lebih cepat memahami materi atau data yang ditampilkan dalam bentuk grafik atau visual berupa gambar yang sesuai.

Pada visual data yang bermuatan informasi tertentu, sering dikenal dengan visualisasi data atau data visualization. Memvisualisasikan data dengan baik bisa mempertimbangkan datamu untuk menjelaskan poin – poin penting dalam data menjadi sebuah materi atau pokok pembahasan yang cepat dimengerti audiens. Cara seperti ini juga kerap ada dan diberikan dalam “Persyaratan Pekerjaan” pada letak seperti analisis data, data yang bermuatan informasi ataupun intelijen bisnis.

Pada beberapa waktu terakhir, team dari algoritma telah membuat sebuah artikel yang membahas, menjelaskan dan mengulas mengenai seberapa pentingnya visualisasi data itu. Pada artikel kami kali ini, kami akan menjelaskan beberapa trik dan tips yang bisa kamu tinjau lebih lanjut ketika kamu akan menjelaskan sebuah visualisasi data pada presentasi yang ditampilkan oleh bisnis atau perusahaan kamu untuk mendapatkan klien atau bekerja sama dengan perusahaan lain untuk melakukan bisnis bersama.

Tinjau Lebih Lanjut Audiens Atau Pemirsa Presentasi Kamu

Dengan menampilkan visualisasi data sebagaimana digunakan untuk menampilkan cara berkomunikasi dengan baik. Perlu diketahui, ini sangat penting bagi kamu seorang presentator atau leader dari sebuah perusahaan agar lebih mempertimbangkan kepada siapa dan untuk siapa kita melakukan sebuah presentasi dengan baik agar pesan atau informasi yang termuat bisa dipahami audiens dengan mudah. Kamu juga harus paham untuk menampilkan sebuah data juga perlu kecermatan dan penyesuaian yang tepat untuk kamu sajikan dengan audiens atau pemirsa yang akan melihat presentasi khususnya visualisasi data yang telah ditampilkan.

Sumber : www.pexels.com

Misalnya, saat kamu menampilkan sebuah visualisasi data pada pesan presentasi kamu yang mana ini berkaitan pada tampilan pemasaran hanya untuk seseorang yang mendalami bidang pemasaran sebuah jasa atau pelayanan dari perusahaan tertentu. Kemungkinan akan ada beberapa ilmuwan juga yang mana mereka bisa cepat memahami visual data yang diberikan. Akan tetapi, ketika kamu menyajikan visualisasi data mengenai bahasan pemasaran pada jangkauan yang lebih luas, orang-orang yang ada di Sumber Daya Manusia ( SDM) tentunya juga akan sulit memahami dengan baik pengertian CPM dan CPC sebenarnya pada bidang pemasaran.

Visual yang ditampilkan untuk ditujukan kepada audiens atau pemirsa yang nanti melihatnya pada wujud tidak nyata pasti akan lebih sulit jika tidak ditampilkan dengan visual yang jelas dan menarik, dibandingkan pada visual nyata berupa media cetak. Atau cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan kamu membuat sebuah visual data yang lebih informatif dan mudah dipahami dengan menggunakan beberapa visual seperti penggunaan font dan warna yang tepat, grafik, chart, gambar yang sesuai atau jika perlu tampilkan juga animasi sederhana namun informatif bagi pemirsa atau audiens yang melihat. Namun, dengan kamu menampilkan visual berupa animasi ini sangat jelas tidak bisa menampilkannya pada wujud yang nyata seperti media cetak. Sajian informasi untuk tujuan yang lebih kompleks pun penyajian materinya juga harus professional, dengan menggunakan warna yang sesuai serta tidak mencolok. Dan menjelaskan materi dengan sedikit teks namun tidak menghilangkan poin pentingya. Ini akan berbeda jika hanya bertujuan pada kebutuhan visualisasi pribadi pada aktivitas yang lebih informal.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *