Tingkatkan Kepercayaan Dirimu saat Presentasi dengan 5 Tips dari Dr. Susan Biali Haas Ini

Jasa Presentasi – Salah satu alasan mengapa beberapa dari kita takut ketika harus melakukan presentasi atau public speaking adalah kurangnya percaya diri. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kurangnya rasa percaya diri, misalnya kurangnya persiapan, tidak memiliki pengalaman, dan lain-lain. Padahal percaya diri merupakan salah satu faktor yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan dalam presentasi.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika harus melakukan presentasi dari Susan Biali Haas, M.D, seorang dokter yang banyak menulis tentang mengurangi stress, mental health, dan wellness.

1. Posisikan Diri dengan Postur yang Menunjukkan Kepercayaan Diri

Power pose, merupakan salah satu tips pertama yang diungkapkan oleh Susan. Berdiri dengan postur tubuh tegak, kepala terangkat dan tidak menunduk, dan melangkahlah dengan bahasa tubuh yang percaya diri, lalu tersenyumlah. Lakukan hal-hal tersebut bahkan ketika kita merasa kurang percaya diri, karena gerak tubuh kita akan dilihat oleh audiens dan ketika melakukan power pose, audiens akan melihat kita sebagai orang yang memiliki kapabilitas dan dapat dipercaya sebagai sumber informasi dalam presentasi.

2. Lakukan Persiapan dengan Matang

Setiap kali akan melakukan percakapan, rapat penting atau presentasi, pastikan kita sudah tahu apa yang akan dilakukan, sebab jika tidak, kita akan rugi dan akan merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, pastikan kita sudah melakukan persiapan dengan matang dengan mencari tahu apa yang ingin disampaikan secara mendalam, dengan begitu, kita tidak hanya siap untuk menyampaikan materi, tetapi juga siap untuk memberikan jawaban yang tepat ketika audiens bertanya. Lakukan juga latihan secara terus menerus, karena berlatih adalah kunci dari persiapan yang matang.

3. Berbicaralah dengan Jelas dan Hindari Filler Words

Beberapa dari kita memiliki kebiasaan untuk mengucapkan filler words, seperti “ummm,” ketika sedang berbicara. Biasanya filler words akan semakin banyak diucapkan ketika kita merasa kurang percaya diri, dan hal ini sebetulnya bisa menjadi distraksi bagi audiens. Oleh karena itu, disiplinkan diri untuk menghindari mengucapkan filler words. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminta sesorang untuk merekam kita ketika sedang melakukan presentasi. Kemudian tontonlah hasil rekaman tersebut dan perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang kurang efektif yang kita lakukan ketika presentasi. Setelah itu, lakukanlah latihan untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut setiap kali ada kesempatan, misalnya ketika melakukan percakapan sehari-hari.

4. Berikan Jeda dengan Diam Sejenak setelah Menyampaikan Poin Penting

Trik lain yang diungkapkan oleh Susan adalah untuk berhenti sejenak dan diam ketika merasa ragu dan kurang percaya diri. Hal ini berguna untuk kita melakukan refleksi sebentar dan menyusun kembali apa yang ingin kita sampaikan. Selain itu, memberikan jeda ketika menyampaikan presentasi dengan diam juga dapat dilakukan setelah kita menyampaikan poin penting. Lanjutkan dengan menatap audiens dengan seksama dan biarkan mereka mencerna apa yang telah kita sampaikan.

5. Visualisasikan Terlebih Dahulu

Menurut penelitian, otak kita tidak dapat membedakan antara apa yang kita visualisasikan dalam pikiran dengan kehidupan nyata. Hasil penelitian ini bisa kita jadikan acuan untuk “menipu” otak kita sebelum melakukan presentasi sehingga kita bisa tampil lebih percaya diri. Caranya adalah dengan membayangkan dan meyakinkan otak kita bahwa kita memiliki kapasitas untuk melakukan penampilan yang hebat. Menurut Susan, cara ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa presentasi yang akan kita lakukan dapat berjalan dengan baik. Cara ini juga telah dilakukan oleh atlet-atlet sebelum melakukan pertandingan.

Rasa tidak percaya diri mungkin menjadi salah satu musuh terbesar bagi beberapa orang sebelum melakukan presentasi. Padahal kepercayaan diri merupakan salah satu faktor yang dapat mengantarkan kita pada kesuksesan dalam presentasi dan rasa tidak percaya diri dapat diatasi dengan melakukan banyak hal, beberapa di antaranya adalah dengan menerapkan beberapa trik dari Susan di atas.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.