3 Strategi Komunikasi yang Membuat Surat Tahunan Bill dan Melinda Gates di Tahun 2021 Sangat Menarik

Jasa Presentasi – Setiap tahun, Gates Foundation mengeluarkan surat tahunan dari Bill dan Melinda Gates. Surat-surat ini sangat menarik untuk dibaca karena Bill dan Melinda menggunakan berbagai teknik menulis yang menarik dan dapat menyampaikan data yang kompleks menjadi informasi mudah dipahami. Mereka berhasil membangun engagement pada tulisan-tulisan tersebut meskipun informasi yang sedang dibahas adalah sains yang tidak semua orang pahami.

Carmine Gallo, seorang penasihat komunikasi dan penulis, meringkas tiga strategi komunikasi yang digunakan Bill dan Melinda Gates pada surat tahunannya. Tiga strategi ini juga bisa kita contoh untuk menyampaikan presentasi yang menarik.

1. Menggunakan Bahasa yang Simple

Banyak orang yang mencoba untuk memberikan kesan pada orang lain tentang kepandaian dan pengetahuan mereka dengan menggunakan banyak kata dan jargon yang sulit untuk dipahami oleh beberapa orang yang awam akan bidang tersebut. Namun, komunikator yang efektif seperti Bill dan Melinda melakukan kebalikannya. Semakin kompleks topik yang mereka bahas, semakin sederhana kata yang mereka gunakan. Selain itu, mereka juga sering menjelaskan dengan kalimat-kalimat sederhana dan pendek yang mudah dipahami. Hal ini karena kalimat yang pendek dan sederhana lebih mudah untuk diingat. Short, but they speak volumes.

2. Gunakan Perumpamaan yang Familiar

Bill dan Melinda juga beberapa kali menggunakan perumpamaan yang membuat topik yang sedang mereka bahas menjadi lebih mudah dipahami. Misalnya, Bill mengumpamakan garda terdepan penanganan covid sebagai pemadam kebakaran yang harus terlatih secara profesional dan harus selalu siap siaga untuk menangani krisis yang mungkin terjadi pada saat itu juga. Penggunaan perumpamaan ini sangat efektif, karena otak kita lebih mudah dan cepat dalam memproses informasi yang disertai perumpamaan. Oleh karena itu, pilihlah analogi yang bisa membuat informasi yang kompleks menjadi penjelasan yang konkrit dan mudah dicerna oleh otak.

3. Bagikan Cerita untuk Mendukung Data

Melinda Gates percaya pada kekuatan storytelling, karena menurutnya, cerita bisa membuka hati pada tempat baru, yang mana akan membuka pikiran yang terkadang membawa kita untuk melakukan aksi. Melinda sering menggunakan cerita dari orang-orang di sekitarnya untuk mendukung pendapat dan datanya.

Data memang memberikan informasi, namun cerita akan menyentuh hati.

Tiga strategi komunikasi yang terdapat dalam surat tahunan Bill dan Melinda Gates bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menyampaikan presentasi yang menarik, mudah dipahami, dan diingat oleh audiens, sebab presentasi bukanlah tentang kita sebagai presenter, tetapi tentang audiens dan bagaimana mereka menerima presentasi kita.

 

Source: https://www.forbes.com/sites/carminegallo/2021/01/27/3-communication-strategies-that-make-the-bill-and-melinda-gates-2021-letter-so-compelling/?sh=43533c874436

 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *