Sudah Mempersiapkannya Dengan Matang Namun Audiens Masih Belum Paham Presentasimu?

Jasa Presentasi – Kebanyakan orang berpendapat saat menyajikan sebuah informasi atau data dalam bentuk presentasi, maka mereka akan merasa tegang, gelisah, dan bingung. Sehingga hal ini membuat diri kita terkesan kurang meyakinkan di mata audiens. Kita perlu melakukan presiapan yang matang. Mulai dari penampilan, gestur tubuh, hingga informasi yang akan dibawakan.

Sumber: Unsplash

Yang membuat Presentasi gagal meskipun sudah disiapkan matang

Selain persiapan diri yang rapi, agar lebih memikat hati audiens, presentasi perlu memiliki dirancang sebagus mungkin. Baik dari konten (isi) ataupun tampilannya. Kalian dapat merancangnya secara individu ataupun memakai tenaga pembuatan presentasi. Pakaian yang rapi first impression yang baik di mata audiens.

Agar Presentasi tampak maksimal tentu kalian mencurahkan seluruh kemampuan berbicara dan desain presentasi yang memukau. Akan tetapi, bagaimana kita sudah merasa yakin dengan apa yang kita sampaikan serta desain presentasi memikat mata para mata audiens, namun hasil yang kita peroleh masih jauh dari ekspetasi?

Tentu hal itu mungkin, atau justru pernah terjadi pada segelintir speaker-speaker populer. Ada banyak hal yang menyebabkan presentasimu gagal yakni, pembawaan yang kurang pas, informasi yang diberikan kurang jelas, hingga audiens yang kurang tepat.

Seperti yang kita tahu, dalam presentasi ada tahapan – tahapan yang harus dilalui yakni, persiapan, pembawaan, dan penilaian. Jika pada salah satu tahapan tersebut gagal, maka presentasi secara keseluruhan juga gagal.

Untuk itu, persiapan sangatlah penting!

Persiapan biasanya berisi proses mencari informasi hingga mendesain slide dan mempersiapkan pakaian. Namun proses persiapan yang sebenarnya lebih dari itu yakni topik, sasaran, mengetahui kondisi audiens, materi, melakukan riset dan menggali informasi lebih dalam, dan belajar menguasai diri. Menguasai diri itu penting, karena bagaimana pun kondisi lapangannya nanti kita harus tetap tenang…. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini

1. Topik

Buatlah tema presentasi yang ingin kalian tujukan kepada audiens menurut keperluan serta konflik–konflik yang masih hangat untuk diobrolkan. Hal diatas akan menjadikan audiens interesting menyimak dan memperhatikan

2. Sasaran 

Buatlah sasaran atau segmentasi audiens kalian secara spesifik dalam menyajikan informasi presentasi sehingga sasaran itu bisa digapai dengan mudah. Contohnya, ingin membicarakan investasi tentu kalian perlu punya gambaran siapa saja mereka, tentu mereka yang termasuk golongan menengah ke atas bukan? 

3. Ketahui keadaan audiens 

Hal kecil seperti ini mesti kalian ketahui sebelum menyajikan suatu presentasi. Mengkaji keadaan audiens dapat membantu kita tahu bagiamana pembawaan yang pas saat naik panggung. Ketahuilah kondisi penonton seperti rata–rata umurnya, siapa saja yang akan datang, tempat untuk berpresentasi, waktu ber presentasi, dan lain sebagainya. Hal kecil diatas menunjuk supaya kalian dapat beradaptasi pada informasi dan materi nya serta penampilan kalian. 

4. Informasi 

Konten yang dimuat dalam presentasi haruslah upto date dan bisa dipertanggungjawabkan. Kita bisa mengambil informasi dari kalian dapat membuat informasi dari internet, koran, majalah, jurnal–jurnal, hasil eksplorasi atau pengalaman pribadi dan buku. Jangan memberi terlalu banyak informasi pilihlah informasi yang kamu pahami terlebih dahulu, jangan sampai memberikan informasi presentasi yang kalian tersendiri masih belum pahami.

Ingat ya kunci agar presentasi yang dilakukan memukau dan dipercaya oleh audiens adalah Percaya diri! Percaya diri yang besar dan persiapan yang cukup adalah kombinasi yang pas untuk menunjukkan siapa diri anda di depan audiens. Jangan lupa untuk tersenyum!


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.