Visualisasikan Data Ke Infografis? Hmmm… Simak Tipsnya Berikut Ini

Sumber: Pexels.com

Jasa Presentasi – Infografis merupakan singkatan dari information dan graphics yang mana berawal dari kata infographic, bertepatan pada namanya, visual infografis ini merupakan salah satu media informasi yang telah ditampilkan pada wujud teks dengan dikombinasikan bersama elemen visual yang menarik seperti halnya typografi, grafik, chart, gambar ataupun ilustrasi.

Kini infografis banyak sekali digunakan para desainer untuk dapat memikat audiens yang melihatnya. Selain itu, infografis juga disajikan sebagai konten tertentu yang bentuknya berupa visual, infografis ini lebih mengacu untuk peningkatan trafik serta kesadaran merk.

Menampilkan infografis dalam konten yang probabilitasnya akan dapat menarik para audiens pada presentasi anda serta lebih mudah memahami penjelasan yang anda berikan. Kenapa begitu? Sebab secara psikologis, hampir seluruh manusia jika diteliti akan merasa lebih mudah saat mencerna informasi yang bentuknya visual seperti contoh diatas dipadankan hanya infografis yang tersajikan dalam bentuk teks saja.

Untuk membuat konten anda terlihat lebih eye – catching serta memikat audiens, desainlah infografis pada pengkombinasian beberapa angka dengan sajian bersama warna yang sesuai pada desain anda.

Visualisasaikan Data Ke Infografis

jika pada pembahasan sebelumnya anda telah diberi pertanyaan terkait infografis, sekarang juga mulailah anda menampilkan sebuah data atau informasi yang akurat dengan cara memvisualisasikannya.

Banyak yang mengatakan, antara tahap – tahap lain yang ada untuk mendesain sebuah infografis, tahap ini bisa dibilang salah satu yang terpenting.

Supaya anda dapat menentukan chart atau bisa dibilang diagram yang sesuai pada saat memvisualisasikan data – data anda. Kami sangat merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan teknik ( Inform, Compare, Change, Organize, Relationships, dan Explore ) yang merupakan singkatan dari ICCORE. Di bawah ini akan dijelaskan analisis lebih lengkapnya pada masing – masing teknik yang ada :

Menginformasikan

Untuk anda yang akan membawakan sebuah data penting yang mana data tersebut lebih akurat. Anda dapat menampikannya pada tipografi yang bold ( tebal ), ukuran yang dominan besar, serta pewarnaan yang sesuai. Atau bisa juga dengan mencolokkan sebagian angka yang memiliki data terpenting ataupun yang paling berbeda dari lainnya bersama tambahan berupa chart dengan bentuk lingkaran atau alfabet.

Memadankan

Anda bisa menyajikan chart yang bentuknya kolom, batang ataupun gelembung untuk memaparkan data – data yang berlainan atau dengan memadankannya antara kedudukan yang satu pada kedudukan yang lain.

Sajikan juga macam  chart lingkaran, chart alfabet, chart seperti donat, ataupun peta pohon sebagai perbandingan antara kedudukan – kedudukannya secara menyeluruh.

Atau dengan menyajikan chart berupa area yang terlihat menumpuk sebagai perbandingan mode waktu ke waktu berikutnya.

Modifikasi

Teknik ini umumnya digunakan apabila konten anda bermuatan sebuah pemodifikasian informasi, kronologi sebuah industry, sebuah cerita, ataupun mengenai produk tertentu.

Supaya audiens lebih mudah dalam mencerna visual pada infografis anda, terapkan saja diagram yang mana menampilkan sebuah line chart, kemudian area pada chartnya. Atau dengan menerapkan sebuah infografis pada template timeline seperti berikut ini.

Menyusunnya Secara Rapi

Sebagai supporter pada konten yang anda buat, anda dapat menerapkan chart yang bentuknya berupa tabel, peta angin, ataupun flowchart. Pada teknik penyusunan secara rapi ini diterapkan agar lebih memperlihatkan secara jelas mengenai sebuah data informasi yang beruntun misalnya pola, kelompok, peringkat, ataupun waktu tertentu secara beruntun.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *