Buat Suasana Presentasimu Lebih Hidup Dengan Melibatkan Audiens

Jasa Presentasi – Presentasi memiliki tujuan yang bermacam-macam, seperti membujuk, memberikan informasi, ataupun meyakinkan sesuatu kepada orang lain. Salah satu kunci kesuksesan dari presentasi adalah Pembicara dapat melibatkan audiens pada konten presentasinya. Dibutuhkan kemampuan untuk menyampaikan yang tepat agar audiens tetap fokus pada presentasi. 

Sumber: Unsplash

Tetapi seringkali sebuah presentasi hanya diisi oleh penyampaian materi dari pembicara saja, tanpa melibatkan audiens. Sehingga seringkali presentasi terasa membosankan dan tidak menarik. Untuk membuat suasana presentasi lebih menarik, kalian dapat menggunakan beberapa trik khusus agar audiens merasa terhubung dan membuat suasana presentasi lebih hidup. Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa trik tersebut:

1. Kuasai materi presentasi

Menguasai materi yang akan disampaikan merupakan kunci utama dari sebuah presentasi yang berhasil. Jangan sampai kalian tidak paham dengan materi yang akan disampaikan. Karena hal itu terlihat dari cara kalian menyampaikan materi di depan audiens. Ketika kalian hanya membaca slide yang dibuat, audiens tidak akan tertarik dan merasa sangat bosan. Slide yang dibuat sebenarnya hanya untuk menjelaskan secara singkat tentang materi presentasi. Sedangkan penjelasan lebih lengkap akan disampaikan secara langsung. 

2. Menyebutkan beberapa fakta menarik

Di Dalam sebuah materi, pasti ada beberapa fakta menarik yang mungkin orang lain belum mengetahuinya. Kalian bisa menyebutkan beberapa fakta menarik tersebut untuk membuat audiens lebih tertarik. 

3. Menggunakan kata sebutan

Umumnya pada sebuah presentasi orang-orang akan menjelaskan dengan menggunakan kata “Saya” sebagai pembicara. Padahal kata tersebut akan membuat jarak antara pembicara dan audiens. Akan lebih baik jika kalian mengganti kata “Saya” dengan kata “kita” yang lebih menunjukkan kedekatan antara pembicara dengan audiens. Dengan demikian audiens akan merasa lebih dekat dan terlibat dengan materi yang disampaikan. 

4. Menggunakan intonasi yang tepat

Agar informasi dapat diterima dengan baik oleh audiens, maka pembicara harus menyampaikannya dengan cara yang pas/tepat. Salah satu caranya adalah menggunakan intonasi yang tepat dan jangan berbicara terlalu cepat. Pembicara yang berbicara terlalu cepat akan sulit dimengerti oleh audiens. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan membuat audiens tidak mendengar dan membuat salah menangkap informasi yang disampaikan. Menyampaikan materi dengan menggunakan intonasi suara yang tepat dan berbicara lebih santai akan membuat audiens lebih mudah memahami apa yang kalian sampaikan. 

5. Memberikan pertanyaan

Salah satu cara yang paling mudah untuk membuat suasana lebih hidup adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan secara acak kepada audiens. Pertanyaan yang dilontarkan bisa berupa sharing pengalaman ataupun pendapat. Alangkah lebih bagus lagi jika kalian mengenal nama mereka terlebih dahulu sebelum mengajukan pertanyaan. Karena nama merupakan sesuatu yang personal, sehingga membuat audiens merasa diperhatikan. 

6. Mengklarifikasi

Langkah selanjutnya adalah memberikan pertanyaan yang bersifat klarifikasi. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada audiens untuk mempertanyakan hal yang mereka anggap belum jelas. Pertanyaan ini akan memancing audiens untuk berfikir mengenai materi yang telah disampaikan. Kalian dapat menggunakan kalimat pertanyaan seperti, “apakah sudah jelas?”, atau “apa ada pertanyaan?”. 

7. Rasa antusiasme

Hal terakhir adalah sampaikan isi materi dengan rasa antusias yang tinggi. Dengan demikian energi positif yang kalian miliki akan mengalir kepada audiens dan membuat mereka menjadi lebih bersemangat untuk mendengarkan. 

Kalian dapat menggunakan trik di atas untuk membuat suasana presentasi menjadi lebih hidup dan audiens merasa lebih diperhatikan. Tidak hanya itu, kalian sebagai pembicara pun akan terasa lebih menyenangkan ketika membawakan presentasi. 


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *