Membuat Motion Graphic yang Menarik dalam 4 Langkah

 

Motion graphic adalah seni desain grafis yang menggabungkan ilustrasi, tipografi, fotografi, dan videografi dengan menggunakan teknik animasi yang bertujuan untuk menyampaikan cerita. Menyampaikan cerita dengan motion graphic dapat dilakukan melalui teks kinetis, melalui gambar animasi, atau dapat dengan kombinasi keduanya.

  1. Naskah

Motion graphic memiliki waktu yang singkat, sekitar 30 detik sampai 90 detik. Ini berarti naskah yang dibuat harus dapat memuat pesan dalam waktu yang singkat tersebut. Kunci untuk membuat naskah yang dapat memuat pesan dalam waktu singkat adalah kesederhanaan dan kejelasan. Jawablah 3 pertanyaan berikut untuk membantu dan mempermudah dalam membuat naskah yang akan digunakan dalam motion graphic:

  • Siapa target dari motion graphic yang dibuat?
  • Apa yang dapat dipelajari, diingat, dan dilakukan oleh target dari motion graphic yang dilihatnya?
  • Bagaimana cara untuk menangkap perasaan mereka?

Tidak seperti infografik yang ditampilkan dengan gambar, motion graphic dapat ditampilkan melalui visual yang memiliki pergerakan dan suara. Oleh karena itu, ketika membuat naskah, pertimbangkan bagian-bagian yang akan ditampilkan dengan teks bergerak, atau diberi suara, atau menggunakan keduanya, atau tanpa keduanya.

  1. Membuat Storyboard

Storyboard akan menyatukan naskah dan visual, serta membantu untuk melihat gambaran dari produk akhir. Pada tahap ini, gambarkan kerangka pada media tulis manual, kemudian periksa naskah final sebelum memulainya. Buat juga sketsa ide untuk membuat naskah menjadi lebih hidup.

  1. Ubah Storyboard menjadi Desain

Ketika muncul sebuah ide sketsa storyboard, Terjemahkan sketsa tersebut menjadi desain yang sebenarnya. Semua yang ada pada tahap ini akan digunakan dalam tahap animasi final, jadi membutuhkan waktu untuk membuatnya agar tepat.

  1. Animasikan Desain Akhir

Tahap animasi adalah tahap dimana semua elemen disatukan. Animasi dan elemen lainnya yang ada pada tahap ini sama pentingnya dengan naskah. Beberapa bagian yang ada pada tahap ini antara lain gaya animasi, timing, musik, dan efek suara.