Sudah Kenal Metode 10-20-30 Dalam Presentasi? Simak Penjelasannya!

Jasa Presentasi – Sebagian besar orang ternyata suka membuat presentasi, dikarenakan kegiatan ini memerlukan waktu yang cukup panjang hingga berjam–jam dengan tujuan agar setiap bentuk informasi yang akan dibawakan nantinya dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh para audiens.

Sesuatu hal yang sering ditakutkan oleh seorang presentator ini yaitu jika saat presentasi berlangsung kamu selalu takut akan audiens yang tidak menyukai presentasi kamu sehingga mereka merasa jenuh, tidak mendengarkan dengan baik, atau justru sampai tidur terlelap ketika kamu masih sedang membawakan presentasi.

Namun, jangan terlalu khawatir akan hal itu karena ada tips yang akan menjadikan presentasi kamu lebih menggoda dan mampu memikat perhatian audiens dengan baik. Dan tentunya mendorong mereka untuk memberikan kesan yang baik pula ketika presentasi tengah dibawakan, seperti mendengarkan dan menyimak materi yang dibawakan oleh presentator dengan seksama.

Mempraktikkan Tips Presentasi Dengan 10-20-30

Tips presentasi ini sebetulnya sangat mudah diterapkan, yang mana presentasi kamu ini setidaknya didukung jumlah slide yang tidak lebih dari 10, materi yang mudah dipahami dan waktu penyampaian materi yang tidak lebih dari 20 menit, serta ukuran font-nya minimal 30pt untuk tiap halaman slide.

Membuat Slide Dengan Jumlah 10 Halaman ( Slide)

Seorang ahli bisnis yang meninjau ini berpendapat jika hampir seluruh presentasi dikatakan tidak berhasil hanya karena penyampaian materinya yang terlalu banyak sehingga menjadikan banyak slide yang sia-sia dikarenakan materi yang terlalu luas atau bahkan tidak mengacu pada poin–poinnya saja.

Hal tersebut telah dilakukan oleh banyak presentator, sehingga audiens yang mendengarkan materi kamu pun tentunya tidak akan memahami dengan betul setiap pesan yang dirasa tidak penting dan terlalu panjang.

Sebagai seorang presentator yang nantinya akan memberikan penjelasan di depan banyak audiens, sebaiknya kamu hanya berfokus pada satu topik saja.

Bukalah presentasi dengan menyampaikan sebuah perkenalan singkat, tidak lupa untuk memberikan beberapa visual ke dalam presentasi kamu misalnya seperti gambar yang mendukung, animasi, grafik atau sebuah ilustrasi yang berkaitan dengan tema presentasi, dan materi yang disampaikan hanya berfokus pada 3–5 slide yang memuat poin pentingnya saja, selanjutnya tutup presentasi kamu dengan permintaan yang ditujukan kepada audiens untuk melakukan sesuatu hal.

Presentasi Yang Dibawakan Maksimalnya Berdurasi 20 Menit

Sumber : www.pexels.com

Pada tahun 1996, ada 2 orang ahli presentasi yang membuat sebuah risalah yang mana mengulas mengenai mahasiswa yang datang berkuliah.

Yang mana mereka membentuk 2 pertemuan yang berbeda, pertemuan ini dikatakan menarik sebab yang satu berlangsung hanya sampai 20 menit, sedangkan periode kelas pertama hingga 50 menit.

Telah dibuktikan apabila mahasiswa yang pertemuannya hanya 20 menit justru memperoleh fakta yang lebih menarik dan mempunyai ide yang berbeda dibandingkan mereka yang melakukan kelas hingga 50 menit.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kamu pun juga bisa menerapkan hal yang sama dengan membuat presentasi yang berlangsung 20 menit saja. Apabila kamu membuatnya lebih lama dari 20 menit, perlu diketahui tidak akan ada audiens yang menangkap materi kamu.

Menggunakan Ukuran Font Minimalnya 30pt

Untuk kamu seorang presentator tentunya harus dapat memastikan jika ukuran font yang digunakan tidak lebih dari 30pt, sehingga audiens yang melihat juga akan memberikan kesan yang baik pula sebab mereka mengetahui visual teks kamu yang besar dan tentunya mudah untuk mereka baca.

Ini mengantisipasi kamu untuk tidak menampilkan teks yang begitu kompleks pada presentasi kamu, kombinasi saja dengan berbagai macam visual seperti gambar, ilustrasi yang mendukung, grafik, atau bahkan animasi untuk menambah ketertarikan audiens.


Jasa Presentasi adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa Desain Presentasi & Infografis Cepat, Murah, dan Profesional. Hubungi kami di 081387760005 atau email ke hallo.jasapresentasi@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *